Heboh Islamic Media Training 2016



Biidznillah, semakin hari semakin terperangkap menjadi anak media. Tentu saja saya masih butuh banyak belajar. Setahun di media dan informasi semoga amanah.

Jadi, ketika semester 2 saya pernah didelegasikan sekdep sama kadep (Mba Putri dan Mas Zen) menjadi panitia IMT 2015. Waktu itu kadep media UKKI adalah Mas Dika, dengan rekan media yang lain Mba Hayu, Mba Ais, dan Rina. Hanya itu yang kenal, hehe. Masih ingat dalam ingatan, waktu itu kami menghadirkan Ustadz Pizaro dari Islampos untuk mengisi materi tentang media Islam. Saya selalu termotivasi saat beliau menyampaikan materi.

Dan semester 4 ini *cie yang makin tua, innalillah saya juga menjadi panitia IMT lagi mewakili Eksis. Berbeda dengan periode sebelumnya, di media UKKI kepemimpinan Mas Topo ini delegasi panitia adalah kadep dan sekdep. Oke, setidaknya saya bisa belajar dan sharing dengan teman media dari fakultas lain.

Memang bulan Mei bulan ujian kesetiaan ya, di tengah padatnya agenda kuliah, tugas, kepanitiaan fakultas, dan juga ngurusi IMT ini, belum pulang kampung lagi *hiks. Dengan persiapan yang bisa dibilang compang-camping alhamdulillah IMT bisa terlaksana juga, tanggal 28 dan 29 Mei 2016.

Banyak cerita di kepanitiaan yang super ini. Panitia dari berbagai fakultas  justru menjadi senjata makan tuan ketika fakultas sedang sibuk agenda juga. Lha di FE juga sedang ada Tabligh Akbar.

Hari Pertama
Taujih media disampaikan oleh Mas Topo. Kadep media UKKI 2016, anak FBS. Beliau passion di dunia komik. Lihat saja beranda media sosial UKKI, karya-karyanya bertebaran. Dalam presentasinya, ia menunjukkan hebatnya karya-karya umat Islam yang terinspirasi dari ayat-ayat Al-Quran. Style dan gaya berbicara yang nyablak membuat peserta antusias.

Nah, yang harusnya taujih pun Mas Dika. Karena kurang sehat akhirnya kadep media 2016 yang maju. Di saat itu grup panitia IMT 2016 di WA ramai. Hari ini kami mendatangkan divisi media Teras Dakwah yang super keren. Kebetulan studi banding kemarin Eksis kesana akhirnya merasa cocok kalau sekaliber media Teras Dakwah sharing di Unnes. Jam 08.00 harusnya TD tampil. Qodarullah, Secang-Ambarawa macet. Mba Zubaidah japri terus update posisi mereka. Alhamdulillah jam 09.30 mereka telah tiba dengan  mobil TD.
 
Sumber foto: Teras Dakwah

       Saya kagum dengan semangat berbagi TD. Saat saya hubungi mereka bilang Ahadnya ada tabligh akbar bersama Peggy Melati, namun tetap mengusahakan mampir. Tidak tanggung-tanggung, yang datang pun ketua, Kang Akhid, beserta senior-senior di TD. Ya, mereka selalu totalitas.

Sumber foto: Teras Dakwah

Banyak hal yang benar-benar menjadi ilmu baru saya di dunia dakwah media. Apalagi yang menyampaikan benar-benar ahli medsos sama IT-nya. Untuk liputan materi bisa dibaca di link ini http://www.muslimdaily.net/berita/sharing-dakwah-media-di-unnes-sadarkan-generasi-muslim-akan-pentingnya-media.html.

Hari Kedua
Materi hari ini adalah terkait media Islam. Rencananya akan menghadirkan Pak Zulfikri dari muslimdaily.net dan Pak Yuniar dari radio El-shinta. Acara di TOR akan dimulai pukul 08.00 namun jam 07.00 ternyata Pak Fikri sudah sampai di Semarang. Eh, tak disangka juga datangnya bersama Mas Muslim Cahyo. Teman seangkatan pelatihan Solo dulu. Kebetulan Jumat beliau sudah ke Unnes untuk ambil video street opinion. Terima kasih telah mau direpoti.

Talkshow pertama disampaikan dari muslimdaily.net lalu radio el-shinta. Berjalan asyik, pembicara memang pakar di dunia media Islam. Ini salah satu liputan untuk hari Ahad, http://www.muslimdaily.net/berita/pemred-muslimdaily-dakwah-media-jihad-yang-terlupakan.html.
Pak Fikri, pemred muslimdaily.net

***
Alhamdulillah, IMT 2016 have done. Walupun masih banyak yang perlu dievaluasi namun secara kualitas saya rasa sudah meningkat daripada tahun kemarin. Bagaimana IMT 2017? Kita tunggu saja tanggal mainnya, semoga bisa lebih keren lagi dari tahun ini. Kalau hayat masih dikandung badan, in syaa Allah pingin ikut lagi.

                              Kosnya Risma, pagi-pagi sebelum pulang untuk kuliah ganti makul AKL


0 komentar:

Posting Komentar