Avatar Muslim, Inovasi Dakwah Kreatif ala Cahayaningrum

Avatar Muslim karya Cahayaningrum

Muslimdaily.net – Akhir-akhir ini di Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya marak penggunaan avatar muslim dan muslimah. Muslimdaily berkesempatan menghubungi pencetus avatar, seorang muslimah Bojonegoro bernama Cahayaningrum. Muslimah 24 tahun ini pertama kali mempublish karyanya di Facebook pada tanggal 15 Oktober 2015.

Cahayaningrum sedikit miris dengan fenomena selfie muslim dan muslimah yang sudah syar’i yang begitu pemalu di dunia nyata, sementara hati terkadang rapuh oleh bisikan-bisikan setan untuk tidak memandang.

Namun, tanpa menghakimi dan tanpa memaksa mereka untuk sepaham dengan apa yang ia pahami, Cahayaningrum mencoba berdakwah dengan inovasi yang berbeda. Biasanya visual dakwahnya berisi ajakan dan kadang sindiran syar’i, tapi tidak semua orang mampu menerimanya.

“Jadi saya membuat avatar grafis untuk digunakan sebagai avatar muslim dan muslimah untuk menunjukkan identitas muslim kita. Dan perlahan-lahan sambil mereka berproses memahami gadhul bashar (menundukkan pandangan) dan membantu menundukkan pandangan,” terang Cahayaningrum kepada Muslimdaily.

Tercatat Cahayaningrum merupakan Diploma Teknik Informatika ITS dan sarjana Pendidikan Matematika sebuah PTS di Bojonegoro. Latar belakang pendidikannya bukan design grafis, namun sejak kecil suka dengan menggambar. Selama ini ia belajar design grafis secara otodidak.

Avatar yang telah dishare lebih dari 2.100 pengguna media sosial ini mempunyai berbagai pilihan sesuai karakter pengguna baik muslim atau muslimah. Siapapun boleh menggunakannya asal tidak untuk tujuan komersil.
Banyak kalangan netizen yang memberi respon positif dengan karya Cahayaningrum. Salah seorang netizen, Rinda Sindhi Margereta mengatakan, karya tersebut menarik dan kreatif.
Avatar Muslim karya Cahayaningrum
Sementara itu, muslimah yang juga aktif di Komunitas Peduli Jilbab ini juga menghimbau kepada netizen yang masih memakai foto di dunia maya untuk berhati-hati.

“Sungguh engkau terlalu berharga untuk dinikmati banyak mata, dunia maya itu terkadang kejam. Berhati-hatilah foto anda bisa menjadi saran tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Bantulah lawan jenis kita menundukkan hati dan pandangannya. Semoga Allah memberikan ilmu dan kekuatan untuk mentaati-Nya,” tutur visualis dakwah ini. (Titin Fitriyani)

Link sumber tulisan : http://www.muslimdaily.net/berita/avatar-muslim-inovasi-dakwah-kreatif-ala-cahayaningrum.html

***
Jazakillahu khairan katsir Mba Ningrum atas kesempatan untuk interview, benar-benar menginspirasi. Bahwa kita harus mengambil bagian dalam dakwah untuk agama Allah.

Sore wawancara dengan Mba Little Shine, malamnya kedatangan tamu anak UPI Bandung dan mengajari desain. Jadi kursus dadakan deh di kos, jazakillahu khairan katsir Vya.


Kontak Mba Cahayaningrum
FB : Little Shine
IG : @cahayaningrum3

2 komentar:

  1. Waah... Lutunaaaa...
    Iya, mending pakai ini. Lebih aman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unyu banget ya Mba Citra

      Iya saya sepakat pakai avatar ini juga. Foto cukup disimpan di hape sajah hihi

      Hapus