Wisuda Syar'i

Sebelum jauh membahas tentang walimahan syar'i saya mau membahas tentang wisudaan syar'i dulu, cieeee. Bukan apa-apa, ini sekedar share pengalaman saat wisuda dan perpisahan sewaktu kelas 12 kemarin (setahun yang lalu maksudnya xD).

Dari tahun ke tahun konsep wisuda sekolah saya adalah kebaya untuk perempuan dan jas untuk laki-laki. Kesempatan untuk dandan bukan? Namun tahulah sendiri ini justru menjadi sedikit masalah bagi teman-teman yang notabene berpakaian syar'i dalam kesehariannya.

Masak kebayaan ketat? Masak buka kerudung? Masak pakai cepol berpunuk unta? Terus dandan menor seperti kembaran ondel-ondel gituh? Santai, makanya baca sampai selesai ya biar dapet pencerahan, hihi.

Jadi agar saat wisuda kita tetap terjaga harus memperhatikan beberapa poin berikut:

1. Pakaian
Disini saya akan fokus pada masalah pakaian wisuda wanita saja. Tentu saja karena pakaian pria lebih mudah.
Waktu itu saya sempat bingung harus sewa pakaian dimana?  Adakah salon muslimah dengan harga pelajar? Sempat dibuat pusing karena hal ini namun akhirnya Allah memberi jalan. Ya, Dia selalu tau apa yang terbaik buat hambanya.

Eng ing eng, gamis akhirnya bisa didapat dari anak SMKN 3 Magelang yang praktek membuat gaun. Untung gamisnya nggak neko-neko jadi tidak tabarruj, in syaa Allah .
Kerudung saya niatnya cuma pakai segi empat biasa. Sebelum akhirnya salah seorang sahabat mengkreasikan khimar segi4 tebal dengan kreasinya namun tetap syar'i.
Make up cuma dipoles sahabat dengan bedak, lipstik, dan pensil mata yang tipis-tipis. Pada akhirnya, make up itu pun saya hapus pakai tisu saat di TKP. Nggak nyaman, beneran.

2. Foto
Harus pandai-pandai dalam berfoto.  Jangan sampai ikhtilat dengan non mahram. Kalaupun harus foto angkatan, kita pilih di area wanita ya cantik.

3. Bersalaman
Salaman sama teman perempuan, yes. Laki-laki? Jangan sampai . Syariat itu harga mati, hehe
Saat dilantik oleh pejabat sekolah yang bapak-bapak alhamdulillah mereka paham saat tangan ini dikatupkan di depan dada.

Wisuda yang merupakan salah satu moment terbaik hidup, tetap harus tampil dengan balutan hijab syar'i. Mau orang lain berkomentar apapun, toh ini tentang hubungan kita dengan Allah bukan?

0 komentar:

Posting Komentar