Kekuatan Jiwa



Mungkin kita pernah mendengarkan nasehat para salaf (ulama-ulama terdahulu), bahwa dengan sedikit makan dan sedikit tidur di waktu malam itu bisa menguatkan jiwa, memberikan energi atau kekuatan dalam beribadah.
Lalu, kita mungkin bertanya-tanya bukankah semakin sedikit tidur di waktu malam, tubuh jadi bisa lemas, kelelahan, jadi kurang istirahat. Sedangkan banyak berpuasa malah bikin kita lemas, mudah capek, gak bertenaga. Jadi itu bagaimana baiknya?
Ustadzah Abeer Sadary pernah menjelaskan terkait ini. Dengan tidur yang cukup di malam hari (8-10 jam per hari) memang benar tubuh kita jadi memiliki kesehatan yang lebih optimal. Tapi lihat juga kebutuhan jiwa, jiwa kita butuh bangun di sepertiga malam terakhir, mengerjakan shalat tahajud, berzikir, berdua-duaan dengan Sang Pencipta untuk menguatkan jiwa. Jika kita tidak melakukannya jiwa kita malah jadi lemah, walaupun fisik kita kuat.
Allah Ta'ala berfirman : Hai orang yang berselimut (Muhammad),bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya)(yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itusedikitatau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. (QS Muzammil: 1-4)
Begitu juga dengan sedikit makan dan banyak berpuasa, memang benar makan yang seimbang sesuai pola waktunya yang dianjurkan para dokter atau ahli kesehatan memang menguatkan fisik, kita jadi memiliki energi yang optimal untuk mengerjakan banyak aktivitas, tapi lihat juga kebutuhan jiwa. Jiwa butuh dikuatkan dengan banyak berpuasa (bahkan puasa sunnah terbaik adalah puasa daud) dan sedikit makan. Sebagai seorang muslim seyogyanya jiwanya harus lebih kuat di bandingkan tubuhnya, tapi dia juga harus memiliki tubuh yang sehat dan kuat juga. Seperti kata Salman Al-Farisi Radhiyallahu ‘anhu saat menasehati saudaranya.
Sesungguhnya Rabbmu memiliki hak terhadapmu. Jiwamu pun punya hak terhadapmu sebagaimana istrimu memiliki hak terhadapmu, maka tunaikanlah hak dari setiap yang memiliki hak.”
_________
Referensi: Inspirasi Harian Bride Talk Community
Gambar: Pinterest

0 komentar:

Posting Komentar