Hai Mahasiswa Unnes, Kosmu Kekeringan?

Oktober 2015, hujan belum juga mengguyur berbagai kawasan di Indonesia. Beberapa daerah yang terserang asap yang cukup membahayakan kesehatan, sebut saja daerah Sumatra dan Kalimantan sangat menanti hujan turun. Akhir bulan Oktober santer juga kabar Gunung Lawu terbakar.

 Eits, di Gunungpati tepatnya di Sekaran pun ternyata para warga juga begitu merindukan hujan. Tercatat pada hari Rabu malam tanggal 21 Oktober 2015 gerimis datang namun tak lama kemudian pamit.
Taken from io.unnes.ac.id


Masyarakat dan para mahasiswa penghuni kos terlihat mulai gusar. Dalam  pekan ketiga Oktober telah dilaksanakan sholat istisqa (sholat sunnah untuk meminta hujan) sebanyak 2 kali, yaitu usai shalat Jumat di Masjid Ulul Albab dan hari Ahadnya di halaman rusunawa (Rumah Susun Mahasiswa putri).

Tak ayal musrek (mushola rektorat) menjadi jalan keluar agar tetap mandi 2x sehari. Ya, walaupun harus antri berjubel dengan penghuni kosan lain.

Ada lagi yang menjadi pelanggan setia tukang galon karena mandi dengan 1 galon isi ulang . Kalau sehari mandi 2 kali kita pukul rata saja pengeluaran Rp 10.000,00/hari untuk urusan permandian xD.

Alhamdulillah ala kulli hal....

Ditengah cobaan air yang mendera, setidaknya masih saja ada pelajaran yang bisa saya ambil, diantaranya:
1.      Semakin erat hubungan dengan warga tetangga kos. Jadi ketika saya membutuhkan air Bu Asiatun berbaik hati memberi air dari selang depan rumah untuk saya tampung di ember. Hehe.
2.      Tidak jarang saya dengan mbak kos numpang mandi di kos lain. Nah, dengan inilah terjadi sambung menyambung tali ukhuwah. Kami seolah berbagi rasa, yang kosnya ada air tambah bersyukur dan yang numpang merasa terbantu dengan saudara di perantauan ini.

Dengan krisis yang dihadapi, teman-teman mahasiswa menjadi mengerti arti penting ngirit. Misal saja suatu pagi air ternyata mengalir, kita harus mampu mengontrol pemakaian air kita. Ingat saudara Bung. Jangan karena dapat giliran mandi pertama terus air se-bak dihabiskan sendiri.

Kamu mahasiswa yang mengalami kekeringan? Share yuk hikmah-hikmah dan tips kece kamu ^_^

0 komentar:

Posting Komentar