Akhirnya, SMKN 2 Magelang Pecah Telur di OSTN 2015



Pada materi kuliah Telaah Kurikulum saya mendapat tugas untuk observasi . Yang menjadi bahan observasi adalah bagaimana pelaksanaan kurikulum di sekolah masing-masing. Langsung saja, mumpung masih semester 2 tidak ada pilihan lain untuk observasi selain di sekolah sendiri. Itung-itung reunian sama guru-guru dan adik kelas.


Alhamdulillah bisa masuk kelas X AP dan X AK. Di kelas menyebar angket sekalian tanya jawab seputar kesan dan pesan adik-adik unyu ini pada pendidikan Indonesia umumnya dan kurikulum 2013 khususnya yang pernah mereka rasakan. Yang baik yang buruk mereka keluarkan semua berdasar pengalaman mereka selama merasakan kurikulum 2013. Di akhir pertemuan karena masih ada waktu kami isi untuk menyemangati adik-adik dalam belajar terutama yang ada niat ingin kuliah agar jangan pesimis.

Nah, saat berlangsung wawancara dengan Bu Laeli pengampu jurusan akuntansi tiba-tiba ada guru yang lewat.
 
“Oh, lha benar Titin to. Tadi Cuma mbatin dari belakang apa Titin eh  ternyata benar,” beliau Bu Mugi guru matematika kelas X dulu.

Berlangsunglah obrolan seru antara kami. Kenapa kami begitu dekat? Karena beliau merupakan pengampu salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang saya ikuti. Dengan mata berbinar bahagia beliau menceritakan bahwa SMKN 2 Magelang berhasil membawa piala di OSTN Matematika non teknik 2015. Tidak tanggung-tanggung, sang adik kelas dinobatkan sebagai juara 1 sehingga akan mewakili provinsi Jawa Tengah di tingkat nasional, alhamdulillah.

Tak disangka, saat saya coba menghubungi adik kelas yang bernama Siti Mukaromah itu ternyata dia bilang sudah pernah foto bareng saya. 

“Lhoh kapan dek?”

“Pas wisuda Mbak,” begitu katanya.

Selain itu, si adik juga bercerita dulu pernah nitip barang untuk di kasih kakak kelas yang ternyata dia belum kenal. Aha, dunia sempit sekali ya dek.

***

Ada yang beda di OSTN tahun ini. Kota Pati terutama SMK Tunas Harapan yang selalu menonjol tahun ini hanya mewakilkan bidang kimia terapan saja. Dan uniknya tahun ini juga dari 5 bidang lomba para peserta berasal dari 5 kota berbeda. Kelima wakil itu adalah:

  1. Andhika Bahari, SMK N 5 Surakarta, Kota Surakarta (Matematika Teknologi)
  2. Siti Mukaromah, SMKN 2 Magelang, Kota Magelang (Matematika Non Teknologi)
  3. Dwi Septianda, SMK N 7 Semarang, Kota Semarang (Fisika Terapan)
  4. Ayu Anggita Chamelia, SMK Tunas Harapan, Kab. Pati (Kimia Terapan)
  5. Atika Yuliati, SMK HKTI 1 Purwareja, Kab. Banjarnegara (Biologi Terapan)


Selamat berjuang adik-adik. Semoga tetap raih juara umum untuk Jawa Tengah seperti angkatan 2013 dimana Ferisa, Galih, Setyo, Adi, dan Kevin berjaya di tingkat nasional. Semoga kampus Bulak Sumur menjadi saksi perjuangan manis kalian.

Dan teruntuk Dek Siti Mukaromah, terima kasih. Telah memecah telur SMKN 2 Magelang melaju hingga kancah nasional. Keep Fighting.


Semarang, 12  Mei 2015

0 komentar:

Posting Komentar